Backup Windows 7




 
cara membuat system image (backup) windows 7

Mungkin temen - temen pernah mempunyai pengalaman seperti ini: Ketika beli sebuah notebook atau laptop kita nggak dapat DVD Windows. Tapi, di dalamnya sudah terinstal Windows asli. Itulah yang disebut Windows tipe OEM alias Original equipment manufacturer.

Pengalaman berlanjut, setelah kita pake tu laptop lama kelamaan pasti terkena Virus, laptop jadi lemot, dll. 
pikiran kita pasti beranggapan “Gampang, tinggal instal ulang,” kita bisa saja berpikir begitu. tapi tadi sudah dibilang, kamu enggak dapat DVD Windows. Sudah begitu, tak dapat juga installer antivirus, Microsoft Office, dan program-program lain. Susah bukan?

Untuk mengatasi masalah di atas kita bisa pakai tips untuk membuat “ system image Windows 7” Windows yang sedang kamu pakai. Aplikasi pembuat image di Windows 7 akan melakukan backup seluruh hal yang ada di komputer kamu. Ketika sistem oeprasi kamu bermasalah kamu tinggal melakukan load lagi image-nya.
Prinsip kerjanya bisa dibilang seperti kamu menyalin file kerjaan kamu ke dalam flash disk. Ketika file kamu yang di hard disk rusak, kamu masih bisa pakai file yang ada di flash disk.

oke..!! langsung saja kita lihat cara membuat membuat system image Windows 7 :



1. Untuk membuat image di Windows 7, klik tombol Start, kemudian ketikan “backup” (tanpa kutip). Klik pada “Backup And Restore”.

2. Kemudian klik “Create System Image”.


3. Muncul halaman “Where you want to save the backup”, kamu bisa menyimpannya pada hard disk, DVD, atau komputer lain di dalam jaringan. Pada contoh ini, kita pilih hardisk local di Drive E. Klik “Next”.


4. Muncul halaman Confirm your backup setting klik “Start Backup”.


5. Proses backup akan berjalan tunggu proses sampai selesai.


6. Setelah proses selesai, muncul kotak dialog Do you want to create system reapir disk? Apakah kamu ingin membuat repair disk, sebaiknya kamu pilih “Yes”.


7. Muncul halaman Create a system repair disk, masukan DVD kosong kamu ke DVD writer, kemudian klik “Create Disk”.

nah, sekarang system image windows 7 udah jadi dan dapat kita gunakan kapan aja kita mau..!!!
permasalahanya bagaimana cara menggunakan hasil back up - an tersebut..????
penasaran..????
lanjut ke postingan berikutnya....!!!!!

catatan : 
* jika pada waktu mem - back up windows 7 ini kita tidak mempunyai DVD kosong, maka ketika muncul dialog "Do you want to create system reapir disk?" kita klik aja "no". kemudian setelah kita punya DVD kosong, baru kita buat disk repair-nya. untuk tutorialnya menyusul...!!! ^_^

0 comments: